Cara Membersihkan Telinga dengan Benar Cara Membersihkan Telinga dengan Benar | Merawat Rumah Kita

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar - Hallo teman-teman pembaca Merawat Rumah Kita, Pada sharing kali ini yang berjudul Cara Membersihkan Telinga dengan Benar, saya telah menyediakan informasi lengkap tentang Hidup Sehat Tips Alami dengan lengkap tentang Cara Membersihkan Telinga dengan Benar yang ada dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan Cara Membersihkan Telinga dengan Benar yang saya tulis ini dapat anda pahami. Okelah kalau begita kalian bisa langsung saja simak tulisan saya ini.

HOME

, ,

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar - Merawat Rumah Kita

Cara Membersihkan Telinga dengan Benar
Cara Membersihkan Telinga dengan Benar. Membersihkan telinga adalah kegiatan yang paling menyenangkan bagi sebagian orang. Telinga sebagai salah satu panca indera mempunyai fungsi penting bagi kelangsungan hidup manusia. Telinga yang tidak sempurna akan menghalangi manusia untuk beraktifitas dengan normal. Karenanya dalam merawat telinga haruslah hati hati. Ada kalanya membersihkan telinga hanya dengan menggunakan pentol korek atau peniti yang tidak steril. Hal ini haruslah dihindari. Membersihkan telinga harus menggunakan bahan bahan steril dan lunak. 

Jangan sampai karena membersihkan telinga, dinding telinga atau gendang telinga terluka. Bahasan berikut ini adalah bagaimana cara membersihkan telinga dengan benar. Harus diingat bahwa menggunakan metode yang salah dalam membersihkan telinga akan menimbulkan dampak lebih besar, misalnya saja tuna rungu karena gendang telinga pecah. 

Cara Membersihkan Telinga

Cotton Bud
Cara membersihkan telinga menggunakan cotton bud adalah yang paling umum dilakukan. Selain mudah didapat, cotton bud juga terbuat dari bahan kapas lunak dan stril. Nah, ini penting untuk memastikan kebersihan cotton bud yang dipakai. Gunakan cotton bud dengan diameter kecil sehingga mudah masuk ke dalam telinga dan tidak mencederai telinga. Usahakan membersihkan pada dinding bagian luar dan leher telinga dan tidak terlalu dalam.

Baby Oil
Baby oil dapat digunakan untuk membersihkan kulit mati yang menempel pada daun telinga. Seringkali ada bagian kasar seperti tumpukan kulit mati pada daun telinga. Bagian ini terasa keras dan bila dipaksa untuk dibersihkan akan tersa sakit akibat lecet. Gunakan baby oil untuk membersihkan tumpukan sel kulit mati dan kotoran yang menempel di daun telinga. Baby oil yang lembut akan membuat kulit tidak mengalami luka lecet berlebihan. Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih namun akan terasa panas saat dipakai.

Anda juga bisa meneteskan baby oil ke dalam telinga sebelum tidur, 2 tetes saja. biarkan selama tidur dan bersihkan saat bangun. Baby oil akan mengurangi kotoran yang menumpuk di dalam telinga.

Air Hangat
Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan telinga. Caranya adalah dengan mencelupkan kapas ke dalm air hangat. Pelintir kapas sampai mengerucut lalu masukkan  ke dalam telinga untuk memebrsihkan. Perhatikan jangan sampai terlalu dalam memasukkan kapas ke dalam telinga apalagi sampai ke gendnag telinga. Hal ini harus dihindari karena gendang telinga adalah selapit yang tipis. Yang ditakutkan adalah pecahnya gendang telinga.

Kain Basah
Membersihkan telinga dapat dilakukan dengan menggunakan kain basah. Cara ini efektif untuk membersihkan kotoran yang ada di luar telinga, caranya mudah, anda hanya perlu menggosokkan kain yang sudah di basahi pada daun telinga dan lubang telinga bagian luar untuk mengangkat kotoran. Lakukan secara rutin sehingga tidak ada kotoran yang menumpuk di daun telinga.

Air
Air juga menjadi bahan untuk membersihkan telinga. Membersihkan telinga dengan cara ini harus dilakukan dengan berhati hati untuk menghindarkan air masuk ke dalam telinga. Caranya adalah dengan mengambil air dan campurkan sedikit baby oil. Tentunya cara ini efektif untuk mengangkat kotoran di bagian luar telinga. Gunakan kain tipis untuk membantu mengangkat kotoran yang menumpuk pada daun telinga.

Ear Candle
Cobalah ear candle untuk membersihkan kotoran di telinga. Walau tidak bisa digunakan dengan sering namun ear candle adalag cara jitu mengeluarkan kotoran dari dalam telinga. Rasakan sensasi telinga yang kembali bening, bersih dan ringan. Beli lilin ear candle dan lakukan dnegan bantuan teman. Masukkan batang lilin ke dalam telinga dan bakar puncak lilin. Tunggu sampai habis baru angkat. Sekali lagi minta bantuanteman dan jangan dilakukan sendiri. Anda akan melihat banyaknya kotoran yang terangkat ke atas dalam kertas ear candle.

Jangan Terlalu Sering Membersihkan Telinga
Membersihkan telinga tidak boleh terlalu sering karena ditakutkan akan menyebabkan luka dan infeksi did alam telinga. Rasa gatal pada telinga lumrah terjadi karena telinga sedang membersihkan kotoran yang masuk. Kotoran yang berwarna coklat juga mempunyai fungsi untuk mematikan binatang yang masuk ke dalam telinga.

Silahkan anda coba cara membersihkan telinga dengan benar untuk menghindari masalah kesehatan pada telinga anda. Ingin menjalankan program diet? sebaiknya baca dulu: Cara Diet yang Benar.

Sekianlah Articel Cara Membersihkan Telinga dengan Benar

Demikian artikel dari kami tentang Cara Membersihkan Telinga dengan Benar, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. Baiklah Merawat Rumah Kita cukup sampai disni dulu postingan saya kali ini terima kasih telah mampir.

Kalian sedang membaca articel Cara Membersihkan Telinga dengan Benar dan articel ini url permalink yaitu https://merawatrumahkita.blogspot.com/2016/07/cara-membersihkan-telinga-dengan-benar.html. Semoga artikel Hidup SehatTips Alami ini bisa bermanfaat.
Cara Membersihkan Telinga dengan Benar