Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai | Merawat Rumah Kita

Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai

Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai - Hallo teman-teman pembaca Merawat Rumah Kita, Pada sharing kali ini yang berjudul Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai, saya telah menyediakan informasi lengkap tentang cara bangun rumah dengan lengkap tentang Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai yang ada dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai yang saya tulis ini dapat anda pahami. Okelah kalau begita kalian bisa langsung saja simak tulisan saya ini.

HOME

,

Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai - Merawat Rumah Kita

Tidak puas dan lega apabila hunian berlantai satu sudah terlalu penuh dengan perabotan dan barang-barang lain, belum lagi anak yang mulai bertambah banyak. Maka untuk menghemat biaya bisa diaplikasikan cara membangun rumah 1 lantai menjadi 2 lantai yang akan kami ulas dengan contoh yang gamblang.

Tidak sedikit pemilik rumah yang berkeinginan untuk merenovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai, namun mereka terkadang terkendala bagaimana cara merubah denah dan bangunan rumah ? Memang merubah bangunan tingkat 1 menjadi tingkat 2 butuh pengetahuan atau informasi yang dalam mengenai ilmu arsitektur ataupun teknik sipil. Dan beruntung sekarang sudah banyak arsitektur dan sarjana teknik sipil yang memberikan penjelasan cara renovasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai.

Cara Renovasi Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai


Kita semua tahu harga tanah semakin melambung tinggi di daerah perkotaan apalagi di perumahaan, sehingga share kita kali ini diharapkan membuat Anda merasa hemat dan murah pada proses konstruksi bangunan 2 lantai.

Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai

Sebelum kita bahas cara merubah denah rumah 2 lantai maka sebelum proses renovasi dilihat dahulu apakah rumah lantai 1 yang lama mempunyai kontruksi besi dan pondasi yang bisa dibangun di atasnya 2 lantai .

Apabila bangunan rumah baik dari segi kontruksi besi dan pondasi hanya sesuai dengan standart 1 lantai maka tidak boleh langsung dibuat lantai 2 di atasnya, melainkan Anda perlu membuat pondasi cakar ayam susulan dengan cara memotong pondasi pada titik yang tepat.

Berbeda halnya jika denah lantai 2 dinding tidak dibangun bersambung atau terletak di atas dinding lantai 1 maka Anda tidak perlu bangunan rumah lantai 1 baik kontruksi besi dan pondasi. Anda hanya butuh membangun pondasi cakar ayam dan ring bawah (sloof) baru untuk bangunan lantai 2. Ketika sudah dibuat beberapa titik pondasi atau sloof maka di sana dibuat untuk area untuk cakar ayam dan jalur sloof. Dan bilang kepada tukang bangunan untuk membuat sloof susulan terletak tepat di bawah sloof lama sehingga kekuatan tarik sloof lama tetap kuat atau tidak menurun.

Rekomendasi kami untuk menghemat biaya pondasi rumah 1 lantai menjadi 2 lantai yakni denah dinding lantai 2 tidak dibangun tepat di atas dinding lantai 1. 



Namun jika Anda ingin tembok pinggir lantai 2 dibangun tepat di atas tembok lantai 1 maka buatlah kontruksi ring balk yang berbeda, disebabkan ring balk mempunyai fungsi sebagai Tarik dan Tekan sekaligus sebagai Penyangga. Catatan ring berfungsi sebagai Penyangga sebaiknya dibangun dengan ukuran lebih besar dibandingkan dengan ring dengan fungsi Tarik dan Tekan.

Sekarang kita beralih ke pembahasan cara membangun rumah 1 lantai menjadi 2 lantai pada proses perubahan denah bangunan.

Contoh kasus keluarga yang menginginkan 2 kamar tidur di lantai bawah (satu), 2 kamar tidur di lantai atas (2). Dan dilengkapi dengan dua kamar mandi. Mereka pun tetap ingin mendapatkan pemandangan sejuk dari taman yang berada di depan dan di belakang rumah.

Pertama, jika Anda mempunyai dapur di belakang maka bisa dipindah ke depan dengan tujuan untuk efisiensi pemakaian luas bangunan, buatlah 2 pintu masuk ke dalam rumah yakni 1 dari dapur di depan dan 1 dari ruang tamu sehingga apabila tamu sedang datang maka anggota keluarga tidak akan mengganggu karena bisa masuk lewat pintu di dapur.

Kedua, 2 kamar tidur sebaiknya dibuat di bagian belakang rumah dan tepat di samping ruang tamu. Kemudian Anda terapkan open living room and kitchen floor plans yang akan menjadikan ruang tamu menyatu dengan ruang keluarga sampai dengan dapur sehingga rumah terasa lebih lapang.



Ketiga, cara membuat rumah 1 lantai menjadi 2 lantai selanjutnya terapkan model atap pelana kerana dianggap paling murah atau hemat dalam proyek renovasi, dengan struktur menempel pada sisi kanan dan kiri. Dan juga tidak perlu ada sambungan atap yang menjadi resiko kebocoran saat hujan.

Keempat, 2 kamar tidur di lantai 2 dibuat dengan ukuran yang kecil sampai sedang tergantung dari usian anak-anak dan kami harap Anda bisa mempertimbangkannya sendiri.

Kelima, area belakang bangunan dibuat untuk ruang mencuci pakaian, dan ruang menjemur pakaian bisa dibuat pada lantai 2 namun dirubah dengan desain yang lebih bagus. Tangki air dibangun berdekatan dengan dak jemur yang memudahkan merawat dan memperbaik tangki air.

Itulah informasi yang kami share buat Anda tentang cara membangun rumah 1 lantai menjadi 2 lantai yang segera bisa diterapkan untuk mendapatakan hunian yang lebih lapang dan juga memenuhi kebutuhan keluarga.

Sekianlah Articel Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai

Demikian artikel dari kami tentang Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. Baiklah Merawat Rumah Kita cukup sampai disni dulu postingan saya kali ini terima kasih telah mampir.

Kalian sedang membaca articel Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai dan articel ini url permalink yaitu https://merawatrumahkita.blogspot.com/2016/03/cara-membangun-rumah-1-lantai-menjadi-2.html. Semoga artikel cara bangun rumah ini bisa bermanfaat.
Cara Membangun Rumah 1 Lantai Menjadi 2 Lantai